Cari Blog Ini

Jumat, 27 Juni 2014

Manusia Dan Tanggung Jawab

Tanggung Jawab sebagai Mahasiswa 


Tugas utama dari seorang mahasiswa yaitu belajar sesuai dengan bidang ilmu yang dipilihnya, karena diharapkan mahasiswa itu mempunyai wawasan yang luas dan jauh ke depan. Dengan bekal wawasan yang luas itu diharapkan mahasiswa ketika bekerja mampu mengembangkan diri lebih cepat jika dibandingkan dengan tamatan SMA. Jika mahasiswa itu memutuskan berwirausaha, maka bekal tersebutt akan mampu membuat mahasiswa itu menjadi wirausahawan yang handal. Jika mereka menjadi ilmuwan, maka mereka akan menjadi ilmuwan yang handal pula.


Mahasiswa diharapkan menjadi SDM yang baik, berdaya saing dan berakhlak mulia. Mahasiswa juga diharapkan sebagai penjaga nilai-nilai di masyarakat bukan sebaliknya. Mahasiswa diharapkan sebagai agen motivator, yaitu menumbuhkan semangat berprestasi. Mahasiswa juga mempunyai kewajiban transfer ipteks ke masyarakat. Mahasiswa juga harus mampu membuat terobosan bagi kemajuan kampus, daerah dan negara dan  berpikir secara logis dan universal (tidak terkotak-kotak dalam kelompok, suku atau lainnya). Selain itu mahasiswa perlu mengembangkan jiwa kreativitas. Caranya dengan menghasilkan karya-karya ilmiah berbobot baik melalui penelitian, kajian maupun telaah pustaka. Dengan melakukan semuannya di atas diharapkan mahasiswa menjadi insan yang mempunyai daya kritis yang tinggi, kreatif, inovatif, bermoral dan mempunyai sifat-sifat terpuji lainnya, memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat, cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan serta cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat.


Saya berharap mahasiswa saya belajar keras demi untuk masa depannya, masa depan orang lain, masa depan masyarakat dimana mereka tinggal dan beraktivitas dan masa depan negara dan bangsa. Semua aktivitas itu harus dilakukan berlandaskan iman dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Nama               : Nico Tri Ganda Limbong
NPM               : 1A113149
Kelas               : 4KA38


Tidak ada komentar:

Posting Komentar