Cari Blog Ini

Rabu, 21 Desember 2011

Pembuatan Film 2D dan 3D


PENDAHULUAN
Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital. Bentuk yang paling sederhana adalah grafik komputer 2D, yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, image processing, dan pattern recognition. Grafika komputer meliputi Geometri (mempelajari cara menggambar permukaan bidang), Animasi (memperlajari cara menggambar dan memanipulasi gambar), Rendering (mempelajari algoritma untuk efek cahaya), dan Imaging (mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar).

Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar dengan menggunakan 2 titik sebagai acuannya yaitu sumbu x dan y. Grafik komputer 3D merupakan representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafik komputer 2D, Obyek pada grafik 3D adalah sekumpulan titik-titik 3D (x,y,z) yang membentuk suatu face (bidang) yang digabungkan menjadi satu kesatuan.

Dari sinilah terlihat bahwa terdapat perbedaan antara 2D dan 3D, untuk lebih jelasnya kami membahas tentang perbedaan animasi 2D dan 3D, dengan contoh yaitu Looney Tunes dan Kungfu Panda, dari gambar tersebut terlihat jelas perbedaannya.

PEMBAHASAN
Teori Animasi
Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi adalah gambar dua dimensi yang seolah-olah bergerak. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi. Animasi 2D membuat benda seolah hidup dengan mengunakan kertas atau komputer. Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka/marionette dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar-gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka atau marionette tersebut akan teihat seperti hidup dan bergerak. Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Proses awalnya adalah membentuk model, pemberian tekstur, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka dan gerakanya dirancang satu persatu. Seluruh proses pembuatannya dari awal hingga akhir dikerjakan di komputer. Contohnya film Kungfu Panda.

Perbedaan Animasi 2D dan 3D
Jenis animasi dapat dihasilkan melalui grafik komputer 3D dan grafik komputer 2D.Kedua animasi ini mempunyai perbedaan yang dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x,y,z yang memungkinkan gambar akan terlihat secara lebih nyata. Pada umumnya animasi 2D banyak terdapat pada film kartun. Kartun berasal dari bahasa cartoon yang artinya gambar yang lucu. Pada keseharian kita conton 2D yang terdapat pada kartun adalah Looney Tunes, sedangkan untuk animasi 3D perkembangan teknologi dan komputer mebuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju. animasi 3D visual adalah pengembangan dari animasi 2D. dengan animasi 3D, karakter yang ditampilkan terlihat semakin nyata, hampir mendekati wujud aslinya. Beberapa Contoh 3D dalam film kartun adalah Toy Story 2, Monster Inc., Finding Nemo, Kungfu Panda.
Unsur-unsur atau karakter yang terdapat dalam 3D disebut juga sebagi model 3D. Proses yang penting dalam penyusunan grafis 3D melibatkan yang sesuai dengan nilai-nilai variabel yang tepat ppoin dalam gerakan aliran grafis dalam serangkaian frame untuk membuat urutan animmasi yang dikehendaki. Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. unsur-unsur tersebut ( termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna ) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-pinsip tersebut seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.



CONTOH IMPLEMENTASI
            Looney Tunes adalah kumpulan serial TV yang terbagi menjadi puluhan episode. Serial ini diproduksi oleh Warner Bros. dengan acara serupa, Merrie Melodies. Nama acara ini merupakan variasi dari Silly Symphonies milik The Walt Disney Company. Tokoh-tokoh utama yang terlibat ialah Bosko, Buddy, kemudian Bugs Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Tweety, Marvin the Martian, Taz, Wile E. Coyote dan Road Runner, Foghorn Leghorn, Yosemite Sam, Pepé Le Pew, Speedy Gonzales.
Animasi ini termasuk kedalam animasi 2 dimensi, hal ini terlihat dari kwalitas gambarnya yang masih terlihat kurang nyata.


Pada gambar diatas bisa kita lihat bahwa sudut pandangnya yaitu koordinat X,Y hal ini lah yang membuat animasi ini termasuk 2 dimensi, ada unsur warna namun terlihat tidak mencolok, bentuk dari karakternya ada yang besar dan kecil, tanpa ada bayangan, pencahayaan yang kurang hal ini terlihat bahwa tidak ada sisi yang gelap hanya sisi terang saja, terdiri atas garis lurus dan melingkar, tidak ada unsur persfektif hal tersebut terlihat dari gambar yang paling belakang tidak terlihat semakin kecil, tidak ada cahaya yang memantul.

Kung Fu Panda adalah sebuah film animasi Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2008. Film ini disutradarai oleh Mark Osborne dan John Stevenson. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain ialah Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie, Lucy Liu, Seth Rogen, David Cross, Ian McShane, dan Jackie Chan. Film ini termasuk kedalam animasi 3D, hal ini dikarenakan karakter yang ditampilkan terlihat  semakin  nyata seperti wujud aslinya. Lihatlah gambar dari film animasi kungfu panda berikut ini:

Didalam sebuah grafik komputer terdapat unsur-unsur grafika seperti : Shape/bentuk, posisi, orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna).

            Pada contoh gambar animasi diatas dpt dilihat bahwa terdapat unsur warna yang terlihat sangat kontras,unsur garis baik tegak melengkung ataupun lingkaran, ada unsur proyeksi atau perspektif dimana terlihat perbedaan ukuran gambar dari masing-masing karakter, yaitu didepan terliahat lebih jelas dan besar sedangkan dibelakangnya semakin terlihat kecil, ada bayangan yang jatuh dari masing-masing karakter sehingga terlihat lebih nyata seperti layak aslinya, ada pencahayaan yaitu ada sisi yang terliahat gelap dan sisi yang terlihat terang,  sudut pandang yang digunakan adalah koordinat  X,Y,Z hal ini dikarenakan film ini termasuk film 3D, dan adanya pemantulan cahaya.

Referensi:

Mengenal perbedaan Animasi 2D dengan 3D
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D visual, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D visual.
Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. The 3D animasi adalah hari bermata presentasi grafis yang dicapai melalui perangkat lunak komputer dan digital generator. Ini grafis alat modern sekarang norma dalam gerakan gambar, video presentasi format, film-film animasi, iklan komersial, dan virtual berjalan melalui web presentasi dan barang. Kita sekarang menyaksikan grafis 3D animasi dalam berbagai bentuk yang meliputi presentasi 3D, audio visual ilustrasi, 3D ilmiah dan medis grafis dan banyak lainnya sehari-hari aplikasi.
a.       Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).

b.       Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D visual adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-­lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
Referensi :
ginafebriani.wordpress.com

Perkembangan Film Animasi
Animasi yang ada pada saat ini merupakan pengembangan dari teknik-teknik yang sebelumya sudah pernah dilakukan. Peter Roget pertama kali memperkenalkan tentang perpindahan objek pada tahun 1824. Thomas Edison juga membuat beberapa literatur tentang gambar yang bergerak. dua tahun kemudian dia membuat Animasi dalam format film untuk pertama kalinya dengan durasi 13 detik. Kemudian pada tahun 1982 walt disney memulai film animasi pertamanya dengan karakter yang cukup populer hingga saat ini, yaitu Mickey Mouse. Animasi bekerja dengan cara memindahkan frame ke frame berikutnya dimana dalam 1 detik animasi terdapat 24 frame yang disebut dengan 24 fps. himgga saat ini banyak bermunculan studio animasi baik di amerika maupun di indonesia. Di bawah ini berberapa film animasi 3D yang cukup terkenal :

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs

Monsters vs Alien

Pembuatan sebuah film animasi memiliki proses yang cukup panjang. Namun lamanya proses pembuatan film lebih didasarkan pada cerita yang dikonsep sedemikian rupa sehingga sebelum sebelum memulai produksi 3 dimensi tidak ada perubahan lagi sebelum memulai produksi 3 dimensi tidak ada perubahan lagi di kemudian hari hal ini perlu dilakukan agar biaya produksi dapat terkontrol dengan baik karena  perubahan pada tiap scene atau cut cerita akan menambah biaya produksi.

Gambar di atas Merupakan alu perjalanan proses pembuatan film dari mulai cerita sampai output film itu sendiri.
Tentu saja tiap studio animasi memiliki cara yang berbeda pula, namun biasanya perbedaannya tidak terlalu banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar